Kitab mazmur merupakan satu kitab yang indah. Pribadi-pribadi pemazmur di dalam kitab mazmur bergumul dengan Tuhan Allah. Kitab mazmur merupakan pergumulan orang-orang kudus di dalam iman mereka. John Calvin mengatakan bahwa kitab mazmur adalah anatomy of the whole soul. Di dalamnya terkandung seluruh emosi orang-orang kudus. Kita dapat melihat adanya doa, permohonan, ratapan, teriakan, kesedihan, sakit penyakit, depresi, puji-pujian, bersyukur, keberanian, keyakinan, iman, komitmen, pengakuan, dan masih banyak hal-hal lain di dalam kitab ini. Kalau kita mempelajari secara genre maka kitab mazmur juga terdiri dari banyak jenisnya. Ada mazmur hikmat seperti mazmur 1,19,119. Ada mazmur raja. Mazmur mesianik seperti mazmur 2. Ada mazmur ucapan syukur. Ada mazmur puji-pujian. Ada mazmur ratapan. Ada mazmur sejarah dan mengingat masa lalu. Dsb. Jadi kitab ini kaya dengan pengalaman orang kudus di berbagai situasi dan emosi.

Perenungan sederhana tentang bisnis, waktu dan kehidupan

Banyak orang modern punya filosofi dan konsep tentang waktu bahwa waktu adalah uang. Di dalam filsafat ini ada beberapa pengertian yaitu bahwa uang adalah nilai yang penting sekali bagi orang modern. Istilahnya uang itu adalah sumber kebahagian. Tetapi mari kita amati pandangan ini. Banyak orang di dunia ini yang kaya tetapi hidupnya tidak bahagia. Karena kebahagiaan bukan terletak di aspek materi terutama tetapi di aspek non materi atau batiniah.

Di jaman modern, secara tidak langsung dan tidak sadar, hidup kita manusia dipengaruhi oleh jam mekanik digital. Waktu dibagi menjadi petak-petak secara tahun, bulan, hari, jam, menit, detik, mili detik. Kebanyakan setiap hari orang memakai jam tangan ataupun di HP ada jam. Semua jam itu menunjuk kepada waktu digital. Dan hidup kitapun secara tidak kelihatan jadi diatur oleh waktu itu. Ambil contoh paling mudah yaitu setiap karyawan sudah di setting jam kerjanya dari jam 9.00 – jam 5 sore. Jam 12 sampai jam 1 adalah jam istirahat. Semua diatur seragam dan pas. Jadi sebenarnya hidup manusia sudah disetting sedemikian rupa mengikuti pola jam mekanik. Tetapi kalau anda sedang sakit maka semua rancangan ketat mekanik ini semua bisa berubah karena saat itu kita sadar bahwa kita bukan mekanik tetapi kita ini mahluk hidup ( living being ).

We have 9 guests and no members online