Up

Isu Medis dan Dunia Psikiatri.pdf

Isu Medis dan Dunia Psikiatri.pdf
File Size:
794.97 kB
Author:
Jeffrey Lim, B.Comp, M.C.S
Date:
18 November 2014

Buku ini adalah hasil pergumulan pribadi saya dengan sakit mental dan dalam isu medis dan dunia psikiatri. Saya bergumul lama dengan penyakit psikis yang saya derita sejak tahun 1998. Beberapa kali sampai 5x, saya harus mengalami fase mania dan gejala psikotik yang cukup berat sejak dari tahun 1998-2011. Selama 10 tahun lebih ini saya bergumul dengan depresi, kekacauan mental, keletihan, dan di saat fase mania saya mengalami delusi dan gejala psikotik. Tetapi periode penderitaan ini bukan terus menerus di dalam fase gelap. Ada kalanya saya mengalami keadaan yang cukup lumayan di dalam kondisi pikiran dan emosi.

Pada tahun 2000 ketika mengalami keadaan fase psikotik, saya pernah didiagnosa oleh satu psikiater di Australia bahwa penyakit psikis yang saya derita adalah Schizo Affective Disorder. Label dan definisi penyakit ini sempat lama mengganggu dan menghantui hidup saya. Tahun 2003 saya mengalami kondisi mental yang kacau kembali yang terjadi setelah masa 6 bulan obat-obatan psikiatrik saya diberhentikan secara mendadak tanpa penurunan bertahap. Kemudian tahun 2008 adalah salah satu periode terparah ketika saya mengalami keadaan fase mania dan saya baru mengetahui dari satu psikiater di Indonesia bahwa sebenarnya yang saya alami adalah bukan Schizo Affective Disorder tetapi lebih tepat Bipolar Disorder dengan gejala psikotik.

Sebagai orang Kristen yang percaya, saya bergumul di dalam mengerti apa yang terjadi di dalam hidup saya. Saya terus mencari tahu apa yang salah dengan diri saya. Saya pernah mengira ini adalah karena kuasa gelap. Saya bergumul dan mencari gereja yang berhubungan dengan pengusiran roh jahat. Tetapi semua ini tidak menolong bahkan menyesatkan. Saya kemudian juga dibukakan satu realita bahwa saya memerlukan obat psikiatrik. Tetapi sayapun tidak gampang terima begitu saja. Beberapa kali saya menghentikan pemakaian obat psikiatrik saya dan akhirnya harus kembali ke kondisi yang parah. Tetapi di samping itu di dalam pencarian saya akan jawaban, saya dibukakan satu wawasan dari Konseling Biblika mengenai masalah-masalah yang ada dengan dunia psikiatri.

Buku kecil ini hendak menjelaskan pergumulan saya di dalam bergumul dengan masalah yang saya hadapi dengan dunia psikiatri. Saya menyadari dan percaya bahwa bila seseorang yang bergumul dengan penyakit psikis hanya melihat masalah dirinya dengan label dari dunia psikiatri maka hidup orang itu akan ada di dalam ikatan definisi itu. Hidup akan dikotakkan dan dibelenggu oleh label yang diterima. Dan ini mematikan bagi pemahaman dan pengalaman saya. Saya percaya bahwa tanpa melihat diri sebagaig ambar dan rupa Allah yang ada nilai mulia dan dignitas, penderita sakit psikis akan kehilangan makna dan nilai hidupnya.

Ketika pemahaman ilmu di dunia psikiatri sebenarnya bermasalah di dalam presuposisinya yang anti Kristen namun bukan berarti ilmu ini tidak berguna dan tidak menolong bagi penderita sakit psikis. Ketika penderita psikis yang membutuhkan medis namun menolak medis maka sebenarnya dia tidak menggunakan anugerah umum yang Tuhan berikan. Tetapi ketika penderita psikis memeluk semua pemahaman dunia psikiatri tanpa mempunyai pemahaman yang bersifat menebus ( redeem ) dan tanpa bisa memilah pengertiannya maka hal ini juga berbahaya.

Buku ini ditulis untuk membukakan kita apa itu realita dunia psikiatri dan masalahnya dan bagaimana kita harus melihat isu medis dari perspektif Konseling Biblika.

Semoga buku ini boleh menjadi berkat bagi yang membacanya.

Jeffrey Lim

www.jlministry.org

 
 
 

We have 7 guests and no members online