Penulisan ini adalah pengembangan dari artikel John Piper yang berjudul “6 Reasons Pastors should blog”. Link tulisan itu adalah di http://www.desiringgod.org/blog/posts/6-reasons-pastors-should-blog. Saya akan mencoba mempersingkat dan memparafrasekannya terlebih dahulu artikel beliau.   

John Piper menuliskan alasan-alasan mengapa seorang Pelayan Tuh seharusnya mempunyai sebuah blog dan menggunakan sarana itu. Beliau memberikan beberapa hal positif bila pelayan Tuhan mempunyai blog :
1. Untuk menulis
Pelayan Tuhan tentunya tahu manfaat dari menulis untuk pikiran. Melalui menulis maka kita menemukan wawasan-wawasan dan ide-ide segar yang baru. Jika kita berusaha untuk menulis terus maka kita akan pada saat yang sama berusaha berpikir dengan baik.
Kemudian sewaktu kita membagikan ide dan wawasan baru maka pembaca mendapatkan manfaatnya bersama-sama dengan kita.
Cara  paling efektif untuk membagikan tulisan-tulisan Anda adalah melalui blog. Jika kita serius tentang blog kita maka ini tidak hanya menolong di dalam pemikiran kita, tetapi juga di dalam disiplin kita juga karena orang-orang akan menunggu wawasan yang berkualitas dari Anda secara teratur.

2. Untuk mengajar
Banyak Pelayan Tuhan suka berkata-kata. Banyak dari mereka terpikat untuk bercerita panjang.
Masuk ke dalam blog dimana disini seorang pelayan Tuhan mempunyai sebuah tempat yang dia tidak katakan pada hari minggu. Blog kita adalah tempatt untuk merenungkan pengertian singkat 30 detik yang hadir kepada devosi Anda atau ketika Anda membaca surat kabar. Anda mungkin tidak menulis artikel panjang mengenai wawasan singkat atau mengkotbahkan kotbah panjang yang penuh. Tetapi melalui blog Anda, jemaat masih dapat belajar seperti yang Anda lakukan.

3. Untuk merekomendasikan
Di setiap sesi konseling dan percakapan setelah ibadah, seorang pelayan Tuhan merekomendasikan sesuatu. Kadang-kadang itu sebuah buku atau sebuah charity atau apapun.
Dengan sebuah blog, Anda dapat merekomendasikan kepada ratusan orang daripada hanya kepada sedikit orang. Rekomendasi lebih dari sekedar menunjukkan orang-orang kepada hal-hal yang menolong. Itu sebuah suara, keseluruhan aura dimana blog yang baik dikembangkan
Blog bukan tempat yang baik untuk pengajaran namun mereka ideal untuk menyarankan dan merekomendasikan.

4. Untuk berinteraksi
Blog tempat yang baik untuk berinteraksi dengan pendapat dan pertanyaan orang.

5. Untuk mengembangkan pandangan kepada apa yang bermakna
Jika kita menghidupi hidup yang mencari yang bermakna di dalam hal-hal kecil maka kita akan melihat apa yang Allah ajarkan kepada kita. Semakin Dia mengajar kita semakin kia dapat mengajar orang lain. Sewaktu kita memulai terinspirasi dan mengumpulkan ide maka kita akan menemukan bahwa hal-hal baru yang kita liat dan pelajari akan memperkaya hidup kita lebih dari hanya sekedar blog

6. Untuk lebih dikenal
Ini keuntungan terbesar bagi Pelayan Tuhan. Dengan lebih dikenal maka kesempatan melayani semakin lebih besar.
Dengan blog maka akan membawa jalan masuk ke dalam pikiran dan hati jemaat di dalam cara yang unik dengan memberikan mereka kesempatan mengenal Anda sebagai keseluruhan pribadi. Anda bukan hanya seorang pengkotbah dan pengajar tetapi seorang yang mempunyai waktu untuk anak-anak. Jemaat akan terbuka kepada Anda ketika Anda terbuka kepada mereka seperti ini. Membiarkan orang menangkap jejak hidup Anda yang jujur maka akan menambah kekuatan pengajaran Anda dan kedalaman pelayanan Anda.

Meneruskan tulisan dari John Piper, maka saya ingin memberikan pengertian mengapa seorang pelayan Tuhan seharusnya mempunyai sebuah website ?
Sebenarnya antara Blog dan Website adalah perbedaan teknologi. Blog tentu lebih sederhana. Anda dapat menggunakan Blogger, Wordpress, dll. Blog mudah digunakan dan mudah diinstall.Website sedikit lebih kompleks namun ada beberapa keuntungan website dibandingkan blog sederhana, yaitu  :
1. Website lebih terkesan professional. Website mempunyai semua kapasitas blog sederhana namun lebih profesional dan resmi. Bila blog maka Anda menggunakan .blogspot.com atau . wordpress.com maka website dapat menggunakan .org. Bila pelayanan Anda lebih dari sekedar pribadi namun sebuah organisasi pelayanan atau gereja maka website lebih baik daripada blog.
2. Website lebih indah dan fleksibel di dalam pengaturan layoutnya. Bila Anda belum pernah menggunakan website mungkin Anda merasa blog lebih mudah tetapi Anda harus mengetahui bahwa Website dinamis yang menggunakan Teknologi CMS ( Content Managemen System ) adalah juga mudah digunakan seperti blog.Dengan CMS maka pengaturannya layout dan isinya begitu dinamis dan fleksibel. Dan ini mudah dipelajari.
3. Website bukan sedekar lebih indah namun nuansa dan dampak yang ditampilkannya lebih kuat. Multimedia dan penataan layout akan memperkuat pesan yang disampaikan.
4. Website mempunyai lebih banyak komponen. Anda bisa memasukan teks, audio, music, video, gallery gambar, forum diskusi, komentar-komentar, kesaksian, email, poll, download area, dll
5. Dengan layout yang lebih profesional, indah, fleksibel, dan komponen-komponen yang banyak maka website akan lebih interaktif untuk pengunjung.
Bila Anda memikirkan lebih serius dari sekedar blog maka Anda bisa mulai beralih ke website. Namun bila Anda pemula di dalam semua ini. Mulailah dengan blog.

Daftar Pustaka : Desiring God Website
 Jeffrey Lim
Senin, 27 Desember 2010

Add comment


Security code
Refresh

We have 19 guests and no members online